Hari ke 2 untuk memahami lebih lanjut gaya belajar Arsyad, saya mencoba untuk seharian kemaren membebaskan dia akan bermain apa. Ingin rasanya mengekplore stimulus yang bisa Arsyad dapatkan. Bernyanyi tetap kami lanjutkan, bahkan sekarang sudah ada kemajuan menyanyikan cicak di dinding.
Kegiatan hari ke 2 memang terlihat lebih banyak melakukan gerakan karena Arsyad bermain bersama teman sebayanya di luar rumah.Terlihat kadang Arsyad menjadi leader saat bermain, terkadang dia juga menjadi follower mengikuti temannya kesana kemari. Tetapi masih sangat sulit untuk Arsyad mengikuti gerakan yang dia lihat di youtube. Seperti lagu anak saat bertepuk tangan, lompat, menghentakan kaki. Arsyad masih belum bisa langsung mengikuti. Dia harus mengamati terlebih dahulu apa yang dia lihat di layar.
Mungkin stimmulus untuk gerakannya saat ada 'perintah' akan saya stimulus dengan lagu Kepala, Pundak, Lutut, Kaki. Karena saat menyanyikannya pasti harus diikuti dengan gerakan. Positifnya, Arsyad sudah hapal dan mengenal bagian-bagian tubuh yang sering terlihat dan digunakan.
Saya sedikit bingung dengan kemampuan kinestetiknya. Kalau dalam hal meniru gerakan seperti menendang, mendorong, memukul, buka tutup pintu, naik turun tangga ataupun kursi, dia sangat cepat sekali mahir. Mungkin memang dari orang tuanya harus lebih aware dan selalu rajib untuk menstimulus inderanya.
Seharian bermain bersama temannya cukup menguras tenaga Arsyad. Cukup dapat membuat Arsyad segera tidur lebih cepat dari biasanya. Energinya benar-benar dapat tersalurkan dengan baik.
Semoga hari esok lebih baik lagi dan saya dapat menstimulus kemampuan Arsyad supaya perkembangannya dapat tumbuh semaksimal mungkin.
#Day2
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KelasBunsayIIP
Comments
Post a Comment