Alhamdulillah saya bisa mulai menulis lagi. Fiuuh.... Setelah game level 3 tidak terselesaikan dengan baik akibat mondar-mandir Jakarta-Cilegon dan kami pun tumbang semua, alias sakit.
Game level 4 kali ini bertema Memahami Gaya Belajar Anak. Sebelum paham benar dengan beberapa macam gaya belajar anak, perlu dimengerti terlebih dahulu yang menjadi tujuan dari anak-anak belajar, diantaranya :
- Meningkatkan rasa ingin tahu anak (Intellectual Curiosity)
- Meningkatkan daya kreasi dan imajinasinya (Creative Imagination)
- Mengasah seni / cara anak agar selalu bergairah untuk menemukan sesuatu (Art of Discovery and Invention)
- Meningkatkan akhlak mulia anak-anak (Noble Attitude)
Saya pun akhirnya selalu menelaah lebih lanjut, apakah yang sedang dilakukan Arsyad berkegiatan mengandung (paling tidak) tujuan tersebut. Sebenarnya selama beberapa hari ini saya mulai mencari tahu bagaimana anak saya belajar. Hanya saja baru sempat menulis sekarang :)
Setelah mengetahui dan memahami tujuan dari anak belajar, kita juga harus paham beberapa macam gaya belajar anak. Ada 3 macam modalitas belajar anak, yaitu:
- Auditory : Modalitas ini mengakses segala macam bunyi, suara, musik, nada, irama, cerita, dialog, dan pemahaman materi pelajaran dengan menjawab atau mendengarkan lagu, syair, dan hal-hal lain yang terkait.
- Visual : Modalitas ini mengakses citra visual. warna, gambar, catatan, tabel diagram, grafik, serta peta pikiran, dan hal-hal lalin yang terkait.
- Kinestetik : Modalitas ini mengakses segala jenis gerak, aktifitas tubuh, emosi, koordinasi, dan hal-hal lain yang terkait.
Selama ini saya merasa bahwa Arsyad termasuk anak yang sangat cepat menyerap sesuatu yang ada disekitarnya dengan gaya visual. Tetapi setelah lebih dalam memahami 'teori' yang ada. Adanya tambahan diskusi yang saya ikuti, akhirnya saya penasaran "Apa benar anak saya ini tipe anak visual? Yakin? Sudah mencoba menstimulus dengan gaya belajar yang lain?" Huhuhuhuhuu.... Kenapa saya malah bertanya seperti ini? Ya, karena saya tipe orang yang visual. Tidak suka hanya mendengar, tapi lebih ingin melihat secara visual saat sedang belajar. Dari sini saya menyimpulkan bahwa mungkin stimulus yang saya kenalkan keanak mungkin masih sebatas visual karena itu lebih mudah untuk saya dalam menyampaikan atau mencari ide-ide saat menstimulus.
Alhamdulillah saya mulai memahami ini disaat usia anak belum menginjak 24bulan. Saya pun mulai membuka-buka lagi buku yang ada di rumah dan mulai saya baca kembali. Karena terkadang mencari permainan untuk anak itu susah-susah gampang. Saya ingin anak bisa explore semua yang bisa di explore supaya nantinya dia dapat menentukan sendiri apa yang disuka, gaya belajar yang sesuai, dst.
Saya mulai mencoba dengan menstimulus secara audio. Ini pun kelemahan saya. Karena saya susah paham jika hanya audio. Jadi, disaat anak belajar, sesungguhnya ada Ibu yang lebih belajar dengan keras. hahahha... Saya mulai mencoba bernyanyi. Saya sangat jaraaaaang sekali menyanyi. Biasanya tugas itu saya serahkan ke media yang lain. Saya coba bersenandung lagu Cicak di Dinding. Dalam sehari saya sangat sering mengulang lagu ini. Hasilnya? LUAR BIASA. Sore hari Arsyad sudah mulai mencoba bersenandung lagu cicak sendiri walaupun masih sulit karena dia masih tahap belajar berbicara. Kalimat yang sering dia ucapkan "cicak dinding...cicak dinding.... hap" hahhaha..Tapi saat saya mulai mengikuti dia bernyanyi, dia bisa menyelesaikan 1 lagu dengan terbata-bata. Ibuk so proud of you, Nak.
Saya tidak mau kehilangan momen emas ini. Akhirnya saya mulai membiasakan untuk mengaji bersama Arsyad. Setiap saya selesai sholat, Arsyad langsung saya pangku dan saya mulai dari surat-surat pendek. Saat ini target terdekat adalah surat Al Fatihah, An Nas, Al Falaq, Al Ikhlas dan Ayat Kursi. Walaupun sehari-hari kami mencoba mendengarkan murotal quran dengan media lain, tapi kali ini saya ingin memulai dari Ibunya dulu. Saya ingin anak saya bisa mengaji dari orang tuanya terlebih dahulu. Semoga selalu istiqomah mengajarkan apa yang kami bisa untuk anak.
Ah, sekian cerita kali ini. Semoga dalam proses membersamai anak untuk paham mengenai gaya belajarnya bisa selalu lancar dan istiqomah menuangkannya dalam bentuk narasi.
#Day1
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KelasBunsayIIP
Comments
Post a Comment